Perbedaan di antara 4G dan LTE

Jika Anda sedang mencari smartphone baru, singkatan seperti CDMA, 3G, GSM, LTE, UMTS, 4G, NFC dan fitur yang ditawarkan lainnya. Istilah-istilah seperti 4G dan LTE juga disebut-sebut sebagai salah satu fitur yang ditawarkan pada beberapa smartphone.
image by WikiBloginfo

Singkatnya, seperti huruf "G" pada 4G berarti "generasi". Hal ini karena 4G adalah generasi keempat teknologi mobile, perubahan data di sektor radio Union International Telecommunication Union (ITU-R). Sementara LTE singkatan dari "Long Term Evolution" dan sering disebut untuk memenuhi perkembangan kecepatan broadband wireless karena peningkatan permintaan.

Apa itu 3G?
Bila jaringan 3G mulai dilaksanakan, ia telah menggantikan 2G. Protokol jaringan yang ditawarkan oleh 2G adalah tingkat jaringan dasar yang kini dianggap perlu ada pada setiap smartphone seperti fungsi membuat panggilan telepon, pesan teks dasar dan MMS.

Melalui pengenalan 3G, format data yang lebih besar dapat diakses termasuk halaman HTML biasa, video dan musik. Kecepatannya masih lagi dianggap sebagai lambat, tetapi jauh lebih baik dibandingkan koneksi 2G yang digunakan sebelum itu.

Apa itu 4G?
ITU-R telah menetapkan standar koneksi 4G pada bulan Maret 2008. Untuk penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, kecepatan koneksi yang harus dipatuhi setidaknya 100 MB / s dan untuk stasiun pemancar pula harus minimal 1GB / s.

Sewaktu standar ini diumumkan, banyak yang tidak menyangka itu bisa dicapai mengingat kecepatan berkenaan pada kebiasannya digunakan oleh para pengembang teknologi. Namun, lama-kelamaan pengembangan teknologi konektivitas mobile telah pun ada yang mampu mencapai apa yang telah ditetapkan oleh ITU-R sebagai 4G.

Apa itu LTE?
LTE berarti "Long Term Evolution". Ia tidak didefinisikan sebagai teknologi karena dan itu lebih mengacu pada upaya ke arah 4G. Jadi, ketika smartphone Anda menampilkan simbol 4G pada sambungannya, ia tidak selalu mampu mencapai kecepatan yang telah ditetapkan oleh ITU-R.

Hal ini karena pada tahap awal pengembangan jaringan 4G, tingkat minimal kecepatan 4G nyata yang ditetapkan oleh ITU-R adalah sulit untuk dicapai. Sungguhpun perusahaan-perusahaan teknologi membuat investasi yang besar untuk mengembangkan teknologi koneksi bersangkutan.

Untuk itu, badan standar terkait telah setuju untuk mengizinkan LTE dilabeli sebagai 4G. Asalkan kecepatan yang ditawarkan jauh lebih baik dari koneksi 3G.

Oleh sebab itu, penyedia-penyedia jaringan mulai memasarkan jaringan mereka sebagai 4G LTE tanpa harus mematuhi syarat minimal untuk mencapai tingkat 4G yang nyata.

Tambahkan membingungkan lagi, syarat LTE-A (Long Term Evolution Advanced) turut digunakan oleh beberapa penyedia jaringan untuk menyatakan tingkat teknologi yang ditawarkan mereka kini semakin hampir mencapai tingkat kecepatan 4G nyata. Bedanya dari LTE biasa adalah, ia lebih cepat dan lebih stabil.

kecepatan
Jadi soalnya, apakah kita dapat merasakan perbedaan kecepatan antara 4G dan LTE? Mungkin tidak ada perbedaan diantara keduanya melainkan Anda tinggal di kota-kota utama yang berpenduduk banyak seperti Kuala Lumpur, Tanjung, Johor Bahru dan sebagainya.

Namun, melalui kehadiran LTE-A, kecepatan yang ditawarkan oleh teknologi jaringan terbaru ini merupakan koneksi jaringan nirkabel tercepat yang mampu ditawarkan sejauh ini.

kesesuaian koneksi
Syarat sah jaringan 4G membutuhkan dua komponen; pertama, jaringan yang mendukung kecepatan yang diperlukan dan yang kedua, perangkat yang dapat terhubung ke jaringan serta download pada kecepatan yang telah ditetapkan.

No comments: