Tips Pemilihan & Penggunaan Charger portable (PowerBank)

Charger Portabel juga dikenal sebagai POWERBANK, external battery, portable charger dan lain-lain lagi. Kini, penggunaan pengisi Portabel sejajar dengan peningkatan penggunaan smartphone. Banyak pengguna smartphone maupun tablet memilikinya untuk menghindari dari perangkat mereka tidak bekerja karena kehabisan baterai. Namun, sebelum memilikinya ada beberapa aspek pemilihan pengisi Portabel yang perlu diperhatikan agar penggunaannya tidak berdampak buruk pada perangkat maupun penggunanya.
 
Seperti yang kita ketahui, pengisi Portabel ini didatangkan dengan berbagai kapasitas melibuti 3000mAh, 8000mAh, 10000mAh sampai 30000mAh dan memiliki banyak merk.
 
  1. Jumlah Output & InputPasti
    jumlah port USB yang ada pada charger powerbank  menjadi faktor utama pembelian karena beberapa pengisipowerbank hanya dilengkapi dengan satu port usb dan berarti hanya satu perangkat saja dapat digunakan didalam suatu waktu. Walau bagaimana pun, pengisi Portabel yang memiliki dua / lebih port USB / memiliki jumlah daya output yang berbeda dan sering dicap sebagai 1A dan 2A. Menggunakan output yang lebih tinggi adakalanya tidak mempercepat proses pengisian perangkat atas faktor kabel yang digunakan ataupun input perangkat yang tidak sama dengan output listrik. Beberapa tablet membutuhkan output yang lebih tinggi untuk diisi. Tambahan, pilihlah charger yang memiliki fitur-fitur perlindungan dari pengisian berlebihan (overcharging), perlindungan dari suhu dan lain-lain fitur keamanan.
  2. Merek / Model, Ukuran, Harga & Garansi powerbank
    Merek adalah satu langkah mengidentifikasi apakah sesuatu produk tersebut memiliki kualitas ataupun tidak. Untuk kategori pengisi powerbank beberapa merek yang dijamin kualitasnya antaranya Xiaomi, samsung, yoobao dan Sony Power Bank. Tapi, ada beberapa masalah mengenai merek itu sendiri karena penghasilan produk tiruan menggunakan merek produk asli seperti Yoobao & Xiaomi. Seperti Xiaomi, penggunaan pengisi Portabel dari merek ini sangat populer dan meluas di negara ini dan jika Anda pergi ke pasar malam pasti Anda akan melihat model tiruannya dijual secara luas dan harganya lebih mahal dari aslinyal. Berbagai tawaran model dan kapasitas sehingga ada berbagai harga yang ditawarkan meskipun memiliki kapasitas yang sama. Untuk pengisi Portabel dari Yoobao, Anda dapat merujuk pada tips yang dikeluarkan oleh pihak Yoobao sendiri langkah mengidentifikasi Yoobao asli atau tiruan.
  3. Kapasitas Baterai Pada Perangkat & Charger powerbank
    Sebelum memiliki pengisi Portabel ini, Anda harus mengetahui berapakah kapasitas baterai perangkat Anda. sebagai contoh jika Anda menggunakan Xiaomi Redmi Note 3 yang memiliki kapasitas baterai sebesar 4000mAh dan pengisi Portabel berkapasitas 10000mAh. Kasarnya, Anda dapat mengisi daya perangkat Anda hingga penuh sebanyak 4 kali. Ini adalah perhitungan kasar tanpa menolak kekuatan yang hilang saat proses pengisian perangkat. Dari pengalaman, pengisi Portabel berkapasitas 10000mAh dapat mengisi sampai 2 kali saja tergantung pada penggunaannya.
Tips Penggunaan Charger powerbank
 
Bagi mereka yang telah memiliki pengisi Portabel ini pasti bertanya-tanya apakah ada cara / tips untuk menjaga daya tahan perangkat Anda. Berikut adalah beberapa tips yang kami dapat kumpulkan melalui berbagai sumber.
 
 
  1. Mengisi Kapasitas Sampai Penuh
    Seperti kita tahu, pengisi Portabel adalah kombinasi baterai secara seri. Dan ketika itu memiliki kapasitas yang tinggi, pasti waktu untuk pengisian charger tersebut akan membutuhkan waktu yang lama. Seringkali saat proses pengisian ada lampu menandakan kapasitas yang terisi. Jadi tunggulah sampai ia berhenti berkedip. Pastikan charger (plug) yang Anda gunakan adalah charger yang didatangkan bersama perangkat dan bukan dibeli di pasar malam atau charger tiruan. Ini untuk menghindari perangkat Anda dari mengalami hubungan pendek (short circuit).
  2. Perangkat harus nonaktifkan/ Switch Off
    Ini hanyalah saran saja. Jika Anda ingin membukanya tidak jadi masalah, tetapi pastikan beberapa fungsi haruslah dikurangi penggunaannya seperti Wi-Fi, bluetooth, dan data. Kalau proses pengisian dilakukan sambil bermain game, browsing internet, bagaimana baterai perangkat Anda akan penuh?
  3. Gunakan Saat Darurat
    Cobalah membatasi penggunaan pengisi Portabel ini. Jika ada colokan listrik, komputer, gunakan untuk mengisi daya perangkat Anda. Ini tidak membebankan Anda untuk pengisian charger powerbank selang beberapa hari saja.
  4. Senter dan Lampu Penanda
    Meskipun pengisi Portabel ini dilengkapi dengan fungsi senter, dilarang secara keras untuk bermain-main dengan fungsi ini sewaktu bosan karena itu menggunakan jumlah energi yang banyak. Begitu juga dengan lampu penanda, tidak perlulah setiap saat Anda harus menekan tombol untuk memastikan kapasitas baterai yang tersisa.
  5. Lingkungan
    Karena itu adalah kombinasi beberapa baterai didalamnya, itu pasti akan terjadi kerusakan jika terkena air dan lain-lain. Usulan Anda membeli satu pelindung (casing / cover) untuk charger ini. Selain itu, pastikan kabel tidak terpasang pada port USB, karena jika tidak disimpan secara baik mungkin akan merusak port USB itu sendiri ketika terjatuh. Selain itu, anda harus sering melakukan pemeriksaan pada kabel, konektor dan lain-lain dari terjadinya hubungan arus pendek. Ini akan memperburuk keadaan jika itu melibatkan perangkat Anda.
  6. Kegunaan Pribadi
    Ini adalah cara paling sadis bagi pengisi Portabel Anda agar tahan lebih lama. Pastikan digunakan hanya untuk perangkat Anda sendiri dan tidak bersama-sama teman. Jika teman Anda meminjam untuk mengisi perangkat mereka, mintalah biaya perjam kepada mereka.
  

No comments:

Post a Comment